Dacing

------- HOME------ SLIDES ------ ARTIKEL -------PELATIHAN
InfoSingkat
(Klik judul artikel jika ingin membaca naskah lengkap)
TIPS MEMILIH ISTRI KEDUA )Hari-hari pertama sebagai pria beristri dua, sama sekali bukan hari bahagia buat Amrint. Pikirannya kusut, begitu juga dengan bajunya. Maklum, istri pertama sudah sewot dan tak lagi terlalu peduli dengan keperluan suami. Di lain pihak, setelah jadi istri resmi Maslihah makin banyak saja kekurangannya. Heran juga Amrint, kenapa dulu ia begitu kagum pada Maslihah. Ia terus bertanya pada diri sendiri, apa yang ia cari pada Maslihah. Apa sesungguhnya yang ia butuhkan. Tak ada jawaban. Yang jelas, sekarang rambutnya juga ikut kusut . . . .

AJARAN TERSAMAR DALAM KISAH WAYANG
tokoh-tokoh wayang hanya merupakan simbol-simbol tertentu, menyebabkan kisah wayang harus diitrepretasikan secara sangat berhati-hati. Kita harus menyadari bahwa di balik kisah wayang, ada ajaran-ajaran tertentu yang diberikan secara tersamar. Untuk menangkap ajaran tersamar itu, ------

Kenalkan,: “ AMITRI” (Metofora perjalanan mencari Tuhan)
Aku dapat menemui kau setiap waktu aku inginkan. Aku tidak pernah butuh seorang perantara. Tetapi banyak orang akan bicara atas namaku. Banyak orang seakan ingin menjadi wakilku. Mereka punya pendapat tentang diriku. Mereka yakin bahwa mereka benar. Mereka bahkan yakin bahwa aku mengutus mereka untuk bicara kepadamu. Anehnya banyak sekali orang yang percaya bahwa aku benar benar mengutus mereka. Kau juga boleh percaya. Tapi kau tidak harus percaya. Kau boleh juga tidak percaya. Yang penting kau percaya padaku.”

EMPAT CARA MENABUNG WAKTU
Terbatasnya waktu luang biasanya disebabkan banyaknya waktu yang terbuang. Untuk mengatasi kurangnya waktu, ada empat cara yang dapat diterapkan.

JAIL
Aku tahu betul bahwa namaku bukan Hendi. Tapi ada sebabnya aku senang dipanggil begitu. Nama baru ini lahir tanggal 12 Nopember, tapi bukan tahun 2008. …… Waktu, gadis incaran hatiku memperkenalkan aku pada ibunya: “ini ma, orang yang sering Ita ceritain.” …..
Hatiku melonjak girang, karena rupanya Ita punya perhatian terhadap diriku. Tapi, kemudian ibunya berkata. : "Oh, ini toch namanya Hendi.. .

MENANTI AMAL KONGLOMERAT
Potensi ini tidak akan menjadi kenyataan bila manusia itu dibesarkan dalam lingkungan yang justru menghambat perkembangan potensi ini. Ada sejumlah prasyarat yang harus dipenuhi dalam proses perkembangan agar sang bayi dikemudian hari berkembang menjadi manusia yang tergerak untuk beramal bagi sesama.- - - - -

JADILAH PEREMPUAN, (Jangan Lelaki dan Jangan Wanita)
Menolak sesuatu yang sebetulnya dibutuhkan, mengungkap kenyataan bahwa pada dasarnya hidup manusia adalah pergulatan antara sejumlah keinginan. Hampir tiap saat dalam hidupnya manusia dihadapkan pada pilihan untuk memenangkan salah satu dari dua atau lebih keinginan yang bersengketa

A-K-U para PEREMPUAN
Sudah sangat banyak pembahasan tentang perempuan. Tulisan berikut ini hanya salah satu diantaranya. Dalam tulisan ini, hakekat perempuan akan ditinjau berdasarkan kerangka konsep A-K-U

KARTONO, sosok Kartini Modern
Kartono berkata: “Saya ingin seperti Kartini. Berjuang bukan hanya untuk kepentingan pribadi.” Saya jabat tangannya dan kepadanya saya katakan, "Berjanjilah untuk menjadi Kartini abad ini. Kamu tak perlu lagi meributkan emansipasi bagi perempuan. Ketidakadilan zaman ini bukan menimpa kaum perempuan melainkan rakyat jelata.

NILSA
ENJEL: Kenapa sepatunya dibuka, siapa yang suruh?
ILHAM: Inisiatif sendiri bu, kan tidak selamanya kita perlu disuruh-suruh. (Mengulurkan tangan tapi-tiba menarik. Maaf bu tangan saja kotor
ENJEL: Tangan saya juga kotor (Kepada Ires dan Leidi) sorry tadi saya lupa membersihkan.
ILHAM: Tangan ibu tadi masih bersih. Jadi kotor karena salaman dengan Ires. Dia kan habis makan kue sus jatah saya. . . .

REALITA PERNIKAHAN
Banyak kenyataan mengenai kehidupan pernikahan yang disembunyikan oleh para pendahulu. Ini menyebabkan generasi berikutnya mempunyai ilusi tentang pernikahan. Banyak yang mengira pernikahan adalah sesuatu yang indah, yang merupakan alat untuk mencapai kebahagiaan. Pada kenyataannya, tidak jarang pernikahan jauh dari itu.

ANEKA PENYELEWENGAN
Aku bekerja mati-matian / Membanting tulang siang dan malam / Tapi apa yang saya dapatkan? / Seorang rekan di lemari pakaian.
Sair di atas merupakan karya Hendarto. Setelah tahu istrinya selingkuh, ia butuh enam sesi konsultasi untuk sampai pada kesimpulan "Sekarang saya mengerti, saya telah mengabaikan kebutuhannya. Saya hanya bergumul dengan persoalan kantor, dan,"―di sini ia tersenyum getir ― "Saya jarang berugumul dengan dia.

BANCI
Memahami para banci, sebetulnya memahami perbedaan perilaku seksual. Ini, sebetulnya tidak terlalu sulit. Terima saja bahwa seks adalah sebuah kebutuhan. Kalau kita bisa paham bahwa yang enak untuk seseorang bisa menjijikkan bagi orang lain, kita selangkah lebih maju untuk mengerti penyimpangan seks. Selera seks seseorang memang bisa mengerikan bagi orang lain

MELACUR BUKAN BERZINAH
Klien saya mengaku disuruh agamanya untuk melacur. "Ajaran agama mengharuskan saya tetap melayani Suami, walaupun sesungguhnya batin saya tersiksa. Saya sudah kehilangan cinta kepadanya. Setiap kali melayaninya, saya merasa jijik dan menganggap diri sebagai pelacur yang melayani langgannannya. Tapi saya takut berdosa kalau menolak memberinya nafkah batin.

SEKS PSIKOLOGIS vs SEKS BIOLOGIS
Seks pasti bukan sekedar kebutuhan biologis. Karena kalau seks hanya kebutuhan biologis, maka setiap dorongan seks akan dapat dipuaskan hanya melalui aktivitas biologis. Artinya, hanya dengan melakukan masturbasi saja, semua kebutuhan seks akan terpenuhi. Padahal masturbasi membutuhkan fantasi. kebutuhan yang dipuaskan melalui fantasi pasti bukan kebutuhan biologis

SELUSIN JURUS BIJAK
Pertolongan, dalam bentuk macam apa pun tetap merupakan suatu campur tangan ke dalam masalah orang lain. . . . Menolong atau tidak menolong, pada dasarnya adalah proses pengambilan keputusan untuk melakukan yang terbaik. Yang terbaik untuk kepentingan orang lain, dan juga yang terbaik untuk kepentingan diri sendiri. Untuk menemukan yang terbaik ini, memang bukan suatu perkara yang mudah.

ANAK ITU UNIK
Adi lahir dengan berat 3,5 kg; Ida 2,7kg. Tono berjalan setelah berusia 14 bulan; Tini ketika baru 10 bulan. Gani senang makan sayur, sedangkan Gina muntah kalau dipaksa menelan makanan itu. Bukankah jelas bahwa anak yang satu berbeda dengan anak yang lain? Tapi nyatanya, masih banyak kalangan pendidik yang bersemboyan, “Kalau dia bisa, kamu juga harus bisa.”

KRITIK; . . . Santapan Rohani Bergizi Tinggi
Di antara berbagai jenis santapan rohani, kritik merupakan jenis santapan dengan “kadar gizi” yang paling tinggi. Tapi ada satu hal perlu diperhatikan. Kritik selalu diberikan untuk kali (saat) yang akan datang.

MEMBEKALI ANAK DENGAN LIFE SKILL Banyak orang yang tidak beruntung karena pola pengasuhan yang keliru. Akibatnya, mereka tidak memiliki keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan hidup. Dengan begitu, mereka seringkali gagal, walaupun sesungguhnya sudah berusaha keras.

GAJI DAN MOTIVASI
"Jadi jangan kau bilang gaji bisa meningkatkan motivasi. Karena aku berpendapat bahwa meningkatkan motivasi justru harus dilakukan dengan menurunkan gaji.”
"Tapi itu kan jelas tidak logis, Pak?"
"Memang untuk kamu tidak logis... untuk kamu. Siapa bilang tidak logis untuk orang lain. Ingat, logika bukanlah fakta ....." . . .

IMANKU bukan AGAMAKU
. . . yang saya pentingkan bukan agamanya, tapi kerelaan pindah agama demi mendapatkan pekerjaan. Orang yang rela pindah agama demi pekerjaan, adalah orang yang bisa kita kuasai. Sebaliknya, orang yang menolak pindah agama adalah orang yang punya pendirian. Artinya, orang itu tidak mudah disuruh patuh. Mereka berani berpikir kritis . . . . . .

USAHA vs KARUNIA
Masa kecil saya tidak terlalu indah. Keluarga saya sama sekali tidak bisa dibilang kaya. Akibatnya, saya sering menanggung malu karena tidak mampu membayar uang sekolah. Untung ayah saya sangat bijaksana. Ia sadar beban batin yang saya derita. Lalu... satu waktu dia datang untuk bercerita. Tentang Usaha dan Karunia.

Persaingan Versus Permusahan
Rasa permusuhan memang mendorong manusia untuk bertindak emosional dengan tujuan sekedar menyusahkan orang lain. Ini jauh berbeda ketika orang lain dilihat sebagai saingan bukan sebagai musuh

CEMBURU:
Aku dapat dua / Bagianmu cuma setengah / Aku mau semuanya
Kumiliki jiwa raganya / kan kuwarisi harta bendanya / tetapi tetap aku tak rela / kau nikmati senyumannya
Cemburu pada dasarnya adalah suatu perasaan tidak puas terhadap keadaan diri sendiri dibandingkan dengan keadaan orang lain. Rasa cemburu selalu ditujukan kepada orang lain (Berbeda dengan rasa sedih yang ditujukan kepada diri sendiri, atau rasa takut). . .

MEMAHAMI AKSI MASA
Seorang pemimpin pabrik tertimpa malapetaka. Dalam unjuk rasa yang menuntut kenaikan upah, mobilnya hangus dibakar massa. Nasibnya mirip para korban kasus Metalika. Merasa tidak punya dosa, mereka dirugikan amukan massa. Dan seolah jatuh tertimpa tangga, asuransi menolak klaim mereka

FAKTA dan TEORI Tentang MEROKOK
Orang yang lapar membutuhkan sat makanan, tetapi sat makanan tidak harus berupa nasi. Sebetulnya, makan nasi hanyalah alternatif cara memuaskan kebutuhan akan sat makanan. Namun demikian, banyak orang yang mencari nasi ketika lapar. Ini disebabkan oleh kebiasaan. Merokok adalah juga tingkahlaku yang hanya merupakan alternatif untuk memuaskan sebuah kebutuhan



Tidak ada komentar:

Arsip Blog

GAGASAN terSESAT

Memang ada pepatah yang mengatakan: “Malu bertanya, sesat dijalan”, tapi maaf, pepatah itu tidak laku di saat seseorang merintis jalan ke dunia baru yang belum pernah dikenal orang lain. Dalam perjalanan ke sana, tidak ada orang lain tempat bertanya. Karena itu seperti Hamlet, para petualang hanya bisa bertanya pada diri sendiri: “to be, or not to be”. Kumpulan naskah di sini diberi judul GAGASAN terSESAT, gagasan yang keluar dari jalur-jalur kelaziman. Saya percaya bahwa orang hanya mungkin tersesat kalau ia berani bertualang. Selama tetap di jalan umum (yang dilalui semua orang), kita aman. Ruginya, kita juga tidak akan sampai ke dunia yang baru.

Cinta Seks dan Dosa
Manusia itu makhluk multi dimensi. Terikat pada dimensi biologis, ia butuh makan, gerak dan Seks. Sebagai mahluk sosial, ia butuh perhatian, pujian berupa cinta. Lalu (atau barangkali tetapi) sebagai mahluk spiritual, ia butuh ketentraman dan kejaran dosa. Naskah di kapling ini antara lain adalah [1] Aneka Penyelewengan [2] Tips untuk memilih istri ke dua [3] Seks Psikologis Vs Seks Biologis [4]Dosa [5] Cinta, perasaan atau energi?

Ini, bukan Itu.
Naskah di kapling ini bertujuan menunjukkan perbedaan (dari) istilah-istilah yang sering di samaratakan (padahal jelas berbeda) seperti misalnya [1] Iman dan Agama [2] Gengsi dan Harga Diri [3] Konflik, permusuhan dan beda pendapat [4] Kewajar dan Keadilan

Gizi Psikologis Buat Anak

Perkembangan anak tidak saja membutuhkan makanan untuk kebugaran badannya, melainkan juga gizi psikologis untuk kesehatan jiwanya. Untuk itu sejumlah hal perlu mendapat perhatian [1 Anak itu unik [2] Menyikapi kebohongan anak [3] Membekali anak dengan keterampilan hidup [4]Moral di balik cerita wayang [5] Kritik, santapan rohani bergizi tinggi

Keranjang Daur Ulang
Ada sejumlah naskah yang tekah saya tuliskan lebih dari 20 tahun yang lalu. Ketika berberapa orang mebacanya di tahun 2008, mereka mengira naskah itu barus selesai kemarin. Anda mungkin tergoda membaca judul-judl ini [1] Empat cara menabung waktu [2] Jail [3] Kenalkan: “Amitri” [4] S edekah [5] Selusin Jurus Bijak dalam Menolong

Perempuan Gagah Jelita
Issu kesetaraan gender adalah topik kontroversial yang kadang kadang memberi inspirasi untuk menulis. Terganggu oleh adanya tiga jenis kelamin yang terulis di pintu toilet (laki / perempuan/ guru atau male / female/ executive) , saya teregilitik menulis topik-topik berikut. [1] Kartono, Sosok Kartini Abad Ini [2] Emansipasi dan Pembagian Peran [3] A-K-U Wanita [4] Menjadi Perempuan (bukan Pria, bukan Wanita) [5] Nilsa, dari sabang sampai Merauke [6] Realita Pernikahan

Kreatif Tanpa Nyentrik
Banyak mahasiswa isntitut kesenian yang berdandan dengan cara nyentrik. Pakai anting sebelah, rambut gondrong atau baju separuh dekil. Mereka kira, dengan nyentrik mereka langsung kreatif. . . . Padahal, hakikat kreatifitas jauh dari sekedar berbeda. [1] Kreatologi, jurus-jurus perangsang kreativitas [2] Kreativitas bukan segala-galanya [3] Kreativitas, perlukah? [4] Agar Anak Tak Mirip Robot


Sekedar Bertanya
Silence is Golden (tapi jangan diam waktu ujian lisan). Talking is Silver (jangan berisik waktu yang lain berdoa). Jangan diam dan jangan bicara. Jadi?.... Bertanyalah. Bertanya tanpa berisik. Bertanya pada diri sendiri [1] Dari mana datangnya keinginan? [2] Renungan Logika [3] Nasionalisme, spirit, sifat atau sekedar mode [2] Masyarakat Madani, . . . . Mungkinkah?

Tertawalah, mumpung gratis
Lelucon, Anekdot maupunKisah Penyegar yang ada di kapling ini, umurnya sangat pendek. Kalau ada lelucon baru yang lama langsung di hapus. Jadi kalau tidak anda baca hari ini, besok dia sudah berubah jadi cerita lain. Karena itu kalau mau tertawa, tertawalah hari ini, besok boleh jadi sudah terlambat-

Entri Populer